Salah satu metode pada kendaraan yang cukup penting untuk selalu diperhatikan merupakan metode rem. Sebagai sebuah sistem, rem kendaraan beroda empat juga memiliki bermacam-macam dilema mirip contohnya kurang pakem, rem ngempos, rem bergetar di di saat di injak, hingga rem bunyi kletek-kletek.
Secara umum, masalah-masalah yang muncul dari rem ini kerap terjadi simpulan beberapa faktor diantaranya merupakan penggunaan part yang tidak sesuai aslinya, penggunaan yang terlalu ekstrim, hingga kesalahan pemasangan karena rem diperbaiki oleh orang yang tidak kompeten.
Oleh karena fungsi rem kendaraan beroda empat yang sangat penting dan masuk kedalam salah satu metode keselamatan dalam berkendara, maka setiap dilema yang muncul di metode rem ini harus segera diperbaiki. Sebagai contohnya merupakan datangnya bunyi kletek-kletek di di saat rem kendaraan beroda empat bekerja.
Lantas, bagaimana cara menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek? Berikut beberapa tips dari ombro dalam menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek...
Salah satu penyebab rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek merupakan penggunaan kampas rem yang tidak otentik (KW). Biasanya, pada kampas rem yang tidak otentik terdapat perbedaan pada ukuran meskipun tidak signifikan. Misalnya panjangnya kurang sedikit atau lebar ketebalan plat penahannya kurang.
Ketika terjadi perbedaan ukuran panjang kampas rem , meskipun hanya 2 mili saja, sanggup memuat celah/ gap antara kampas dengan braket kaliper rem sehingga di di saat kampas rem menjepit cakram, kampas rem akan ikut tertarik keatas.
Ketika pedal rem dilepas (tidak ditekan), maka kampas rem akan kembali turun sehingga kerap menghasilkan bunyi kletek simpulan kampas rem beradu dengan braket kaliper rem. Oleh karena itu, gunakanlah selalu kampas rem otentik (OEM) untuk menghindari adanya perbedaan ukuran yang sanggup menghasilkan bunyi kletek di di saat di rem.
Pada sebagian tipe mobil, braket kaliper rem dilengkapi dengan plat penahan kampas rem. Plat ini dipasang diantara kampas rem dan braket kaliper rem. Fungsi dari plat penahan kampas rem ini merupakan untuk meminimalisir efek keausan pada dudukan kampas rem simpulan tumbukan dengan kampas rem di di saat bekerja.
Jika kondisi plat penahan kampas rem sudah aus, maka akan muncul gap antara kampas rem dan braket kaliper rem sehingga di di saat rem bekerja, kampas rem kerap beradu dengan braket ini sehingga sanggup menghasilkan bunyi kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek, teman sanggup melakukan penggantian plat penahan ini dengan yang gres atau dengan menambahkan ganjalan dibagian bawah plat penahan ini dengan shim.
Rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek juga kerap disebabkan oleh baut pin kaliper rem yang sudah aus. Baik dari bautnya atau pada lubang baut kalipernya. Umumnya kondisi keausan ini terjadi simpulan usia paakai atau simpulan karet pada baut pin kaliper tidak dipasang.
Ya, pada beberapa model kaliper rem terdapat baut pin kaliper yang penggalan ujungnya menggunakan karet sebagai damper / peredam. Karet ini sanggup habis dan rusak sehingga di di saat rem melakukan pekerjaan sanggup menghasilkan bunyi kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek ini, maka pastikan kondisi baut pin kaliper dan dudukannya tidak oblak, atau jikalau memang ada karetnya, ganti karet pin kaliper dengan yang baru.
Baca juga :
Pemasangan bat dan komponen rem yang lain yang kurang kencang sanggup menghasilkan rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek. Oleh karena itu, selalu pastikan kekencangan pemasangan komponen rem dan ikut prosedur pemasangan yang benar untuk menghindari datangnya bunyi kletek-kletek pada rem.
Hal terkahir yang sanggup dilakukan sebagai tips untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek merupakan dengan menggunakan grease khusus untuk rem. Pada sebagian tipe rem, diinginkan pelumasan pada bagian-bagian yang bergesek mirip pada penggalan ujung-ujung kampas rem yang bekerjasama dengan plat penhan kaliper rem, atau paa penggalan baut pin kaliper rem.
Berikan grease khusus untuk rem pada bagian-bagian ini secukupnya untuk mengihindari kampas rem terkotori dengan grease yang juga sanggup menghasilkan dilema lainnya.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
Secara umum, masalah-masalah yang muncul dari rem ini kerap terjadi simpulan beberapa faktor diantaranya merupakan penggunaan part yang tidak sesuai aslinya, penggunaan yang terlalu ekstrim, hingga kesalahan pemasangan karena rem diperbaiki oleh orang yang tidak kompeten.
Oleh karena fungsi rem kendaraan beroda empat yang sangat penting dan masuk kedalam salah satu metode keselamatan dalam berkendara, maka setiap dilema yang muncul di metode rem ini harus segera diperbaiki. Sebagai contohnya merupakan datangnya bunyi kletek-kletek di di saat rem kendaraan beroda empat bekerja.
Lantas, bagaimana cara menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek? Berikut beberapa tips dari ombro dalam menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek...
1. Selalu gunakan kampas rem otentik (OEM)
Salah satu penyebab rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek merupakan penggunaan kampas rem yang tidak otentik (KW). Biasanya, pada kampas rem yang tidak otentik terdapat perbedaan pada ukuran meskipun tidak signifikan. Misalnya panjangnya kurang sedikit atau lebar ketebalan plat penahannya kurang.
Ketika terjadi perbedaan ukuran panjang kampas rem , meskipun hanya 2 mili saja, sanggup memuat celah/ gap antara kampas dengan braket kaliper rem sehingga di di saat kampas rem menjepit cakram, kampas rem akan ikut tertarik keatas.
Ketika pedal rem dilepas (tidak ditekan), maka kampas rem akan kembali turun sehingga kerap menghasilkan bunyi kletek simpulan kampas rem beradu dengan braket kaliper rem. Oleh karena itu, gunakanlah selalu kampas rem otentik (OEM) untuk menghindari adanya perbedaan ukuran yang sanggup menghasilkan bunyi kletek di di saat di rem.
2. Pastikan kondisi plat penahan kampas rem bagus
Pada sebagian tipe mobil, braket kaliper rem dilengkapi dengan plat penahan kampas rem. Plat ini dipasang diantara kampas rem dan braket kaliper rem. Fungsi dari plat penahan kampas rem ini merupakan untuk meminimalisir efek keausan pada dudukan kampas rem simpulan tumbukan dengan kampas rem di di saat bekerja.
Jika kondisi plat penahan kampas rem sudah aus, maka akan muncul gap antara kampas rem dan braket kaliper rem sehingga di di saat rem bekerja, kampas rem kerap beradu dengan braket ini sehingga sanggup menghasilkan bunyi kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek, teman sanggup melakukan penggantian plat penahan ini dengan yang gres atau dengan menambahkan ganjalan dibagian bawah plat penahan ini dengan shim.
3. Pastikan kondisi baut pin kaliper rem tidak oblak
Rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek juga kerap disebabkan oleh baut pin kaliper rem yang sudah aus. Baik dari bautnya atau pada lubang baut kalipernya. Umumnya kondisi keausan ini terjadi simpulan usia paakai atau simpulan karet pada baut pin kaliper tidak dipasang.
Ya, pada beberapa model kaliper rem terdapat baut pin kaliper yang penggalan ujungnya menggunakan karet sebagai damper / peredam. Karet ini sanggup habis dan rusak sehingga di di saat rem melakukan pekerjaan sanggup menghasilkan bunyi kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek ini, maka pastikan kondisi baut pin kaliper dan dudukannya tidak oblak, atau jikalau memang ada karetnya, ganti karet pin kaliper dengan yang baru.
Baca juga :
- Inilah 4 penyebab rem kendaraan beroda empat bunyi
- Penyebab kopling kendaraan beroda empat bunyi di di saat diinjak dan cara mengatasinya
- Penyebab tarikan kendaraan beroda empat terasa berat
4. Pastikan baut dan pemasangan komponen rem yang lain sudah kencang
Pemasangan bat dan komponen rem yang lain yang kurang kencang sanggup menghasilkan rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek. Oleh karena itu, selalu pastikan kekencangan pemasangan komponen rem dan ikut prosedur pemasangan yang benar untuk menghindari datangnya bunyi kletek-kletek pada rem.
5. Gunakan grease/gemuk khusus untuk rem
Hal terkahir yang sanggup dilakukan sebagai tips untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat bunyi kletek-kletek merupakan dengan menggunakan grease khusus untuk rem. Pada sebagian tipe rem, diinginkan pelumasan pada bagian-bagian yang bergesek mirip pada penggalan ujung-ujung kampas rem yang bekerjasama dengan plat penhan kaliper rem, atau paa penggalan baut pin kaliper rem.
Berikan grease khusus untuk rem pada bagian-bagian ini secukupnya untuk mengihindari kampas rem terkotori dengan grease yang juga sanggup menghasilkan dilema lainnya.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
EmoticonEmoticon