Klakson atau horn pada kendaraan ialah salah satu komponen wajib yang harus dipasang pada kendaraan. Secara umum, fungsi klakson ialah sebagai alat komunikasi antar kendaraan dan menjadi salah satu fitur keselamatan yang memiliki fungsi untuk mengurangi potensi resiko berkendara.
Ya, Klakson ialah komponen yang sanggup mengeluarkan bunyi dan bunyi di dikala komponen tersebut dialiri arus listrik. Biasanya, saklar klakson dipasang tepat dibagian tengah setir mobil.
Dalam penggunaannya dikendaraan , rangkaian klakson secara lazim tersusun dari beberapa komponen dasar ibarat klakson, relay, aki/ battery, saklar, sekring, dan wiring/ perkabelan yang disusun sedemikian rupa untuk sistem klakson ini.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan memajukan pemberitahuan seputar rangkaian klakson memakai relay berikut cara kerjanya. Simak pemberitahuan rangkaian klakson yang memakai relay dan cara kerjanya ibarat dibawah berikut ini...
Perhatikan gambar rangkaian klakson yang memakai relay berikut dengan komponennya ibarat dibawah berikut ini
1. Aki/ battery sebagai sumber listrik akan mengalirkan arus listrik menuju relay klakson melalui dua jalur adalah :
2. Ketika saklar klakson di "ON"-kan, maka akan terjadi fatwa listrik dari aki menuju massa yang melalui kumparan terminal 85 dan 86 relay. Saat fatwa listrik mengalir, kumparan dala relay akan bikin medan magnet dan menawan saklar relay klakson pada terminal 30 dan 87.
Baca juga :
3. Ketika saklar relay di terminal 30 dan 87 terhubung, maka fatwa listrik dari aki akan langsung mengalir menuju ke klakson high dan low melalui saklar pada terminal 30 dan 87 relay. Akibatnya, kedua klakson akan mengeluarkan bunyi / suara.
4.Saat saklar klakson di "OFF"-kan, maka fatwa listrik dari aki menuju ke klakson akan berhenti sehingga klakson menjadi tidak bunyi.
Demikianlah artikel wacana gambar rangkaian klakson memakai relay dan cara kerjanya yang sanggup ombro sampaikan, mudah-mudahan sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
Ya, Klakson ialah komponen yang sanggup mengeluarkan bunyi dan bunyi di dikala komponen tersebut dialiri arus listrik. Biasanya, saklar klakson dipasang tepat dibagian tengah setir mobil.
Dalam penggunaannya dikendaraan , rangkaian klakson secara lazim tersusun dari beberapa komponen dasar ibarat klakson, relay, aki/ battery, saklar, sekring, dan wiring/ perkabelan yang disusun sedemikian rupa untuk sistem klakson ini.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan memajukan pemberitahuan seputar rangkaian klakson memakai relay berikut cara kerjanya. Simak pemberitahuan rangkaian klakson yang memakai relay dan cara kerjanya ibarat dibawah berikut ini...
Gambar rangkaian klakson beserta komponennya
Perhatikan gambar rangkaian klakson yang memakai relay berikut dengan komponennya ibarat dibawah berikut ini
Komponen rangkaian klakson dan fungsinya
- Aki / battery = Sebagai sumber arus listrik
- Sekring relay = Pengaman jalur listrik dari aki ke relay klakson
- Sekring saklar klakson (ada di kotak sekring) = Pengaman listrik dari aki ke saklar klakson yang ada di setir mobil
- Relay klakson = Relay yang menjalankan pekerjaan secara elektromagnet sesuai dengan on off dari saklar klakson
- Saklar klakson = Saklar yang menjadi trigger untuk mengaktifkan relay klakson
- Klakson high = Klakson yang akan mengeluarkan bunyi bernada tinggi
- Klakson low = Klakson ang akan mengeluarkan bunyi bernada renda
- Ground /massa = Tempat tujuan fatwa listrik mengalir.
Cara kerja rangkaian klakson memakai relay
1. Aki/ battery sebagai sumber listrik akan mengalirkan arus listrik menuju relay klakson melalui dua jalur adalah :
- Jalur pertama (warna hijau), fatwa listrik akan mengalir dari aki menuju ke terminal 30 relay melalui sekring relay. Arus listrik akan standby di terminal 30 relay.
- Jalur kedua (warna merah), fatwa listrik akan mengalir dari aki menuju ke saklar klakson melalui sekring saklar klakson (ada di kotak sekring) hingga ke terminal 85 . Saat ini kumparan tidak bikin magnet lantaran listrik yang ada hanya standby dan tidak mengalir. Perhatikan fatwa listrik pada gambar dibawah berikut
2. Ketika saklar klakson di "ON"-kan, maka akan terjadi fatwa listrik dari aki menuju massa yang melalui kumparan terminal 85 dan 86 relay. Saat fatwa listrik mengalir, kumparan dala relay akan bikin medan magnet dan menawan saklar relay klakson pada terminal 30 dan 87.
Baca juga :
3. Ketika saklar relay di terminal 30 dan 87 terhubung, maka fatwa listrik dari aki akan langsung mengalir menuju ke klakson high dan low melalui saklar pada terminal 30 dan 87 relay. Akibatnya, kedua klakson akan mengeluarkan bunyi / suara.
4.Saat saklar klakson di "OFF"-kan, maka fatwa listrik dari aki menuju ke klakson akan berhenti sehingga klakson menjadi tidak bunyi.
Demikianlah artikel wacana gambar rangkaian klakson memakai relay dan cara kerjanya yang sanggup ombro sampaikan, mudah-mudahan sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
EmoticonEmoticon