Chassis yakni kerangka internal yang menjadi dasar untuk buatan sebuah objek yang disatukan dengan mesin atau alat elektronik dari objek tersebut. Pada kendaraan (mobil khususnya), chassis berkhasiat sebagai penopang berat dan beban kendaraan hingga penumpang, kawasan kedudukan mesin, transmisi, dan semua komponen pendukung kendaraan beroda empat lainnya.
Selain itu, chassis juga berkhasiat untuk mempertahankan bentuk kendaraan beroda empat mudah-mudahan tetap rigid, kaku, dan tidak mengalami deformasi di ketika digunakan. Oleh karenanya, material yang dipakai harus memiliki kekuatan yang sanggup menahan semua beban kendaraan tersebut.
Umumnya, chassis yang dibuat dari kerangka besi/baja yang didesain khusus sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk beragam aspek seakan-akan keamanan, ketahanan, hingga kemampuannya untuk dipakai di aneka macam kondisi berkendara.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membuatkan pemberitahuan perihal jenis-jenis chassis kendaraan beroda empat yang lazim dipakai di ketika ini. Simak info jenis-jenis chassis kendaraan beroda empat dibawah ini
Chassis jenis Ladder frame yakni chassis yang memiliki bentuk seakan-akan tangga dan menjadi dasar kedudukan bagi bodi kendaraan, mesin, transmisi, dan komponen kendaraan beroda empat lainnya. Jadi chassis ladder frame ini dipasang dibagian bawah kendaraan untuk menopang bodi, mesin dan seluruh komponen sebuah mobil.
Chassis ini lazimnya yang dibuat dari baja simetris berbentuk balok yang pada bagian-bagian tertentu diperkuat dengan menambahkan joint dan crossmember. Pada beberapa desain, chassis Ladder frame ini kerap diperkuat dengan besi menyilang diantara framenya untuk mempertahankan kekakuan strukturnya.
Contoh kendaraan beroda empat yang menggunakan chassis ladder frame yakni mayoritas kendaraan beroda empat truk dan pick up seakan-akan Truk canter, Truk isuzu, truk hino, kendaraan beroda empat pick up L300, T120ss, Carry, dan lain-lain. Selain itu, chassis ladder frame juga kerap ditemukan pada mobil-mobil SUV seakan-akan ; Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, Jeep Wrangler, dan lainnya.
Monocoque chassis atau sasis monokok yakni chassis kendaraan beroda empat yang dibuat menyatu sebagai bodi mobil. Dalam bahasa Prancis, monocoque mempunyai arti rangka tunggal. Jadi maksudnya, kepingan terluar bodi kendaraan beroda empat di rancangan sedemikian rupa sehingga sekaligus berfungsi sebagai kerangka kokoh yang melindungi ruang kabin dari benturan.
Umumnya, monocoque chassis ini yang dibuat dari lembaran-lembaran baja composit yang disatukan dan diperkuat dengan beragam cara serta dibuat menjadi sebuah kerangka bodi mobil. Perhatikan contoh gambar chassis monocoque seakan-akan tertera dibawah ini
Contoh kendaraan beroda empat yang menggunakan chassis monocoque ini lazimnya berjenis sedan hingga kendaran mpv seakan-akan contohnya Toyota camry, Honda accord, Mitsubishi lancer, Expander, Avanza-Xenia, Daihatsu sigra, dan lain-lain
Backbone chassis yakni chassis kendaraan beroda empat yang berfungsi sebagai tulang rangka utama tunggal (backbone) yang melintang disepanjang kepingan tengah kendaraan beroda empat sehingga kepingan depan dan kepingan belakang kendaraan beroda empat saling terhubung.
Sepintas, backbone chassis ini terlhat seakan-akan chassis ladder frame yang sesuai dibagian tengahnya, kedua rangka yang berhadapan disatukan sehingga menjadi rangka tunggal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh gambar backbone chassis seakan-akan dibawah ini
Oleh alasannya backbone chassis ini memiliki banyak kehabisan seakan-akan contohnya side impact yang buruk serta mahalnya biaya produksi, backbone chassis ini kurang terkenal untuk dibentuk sebagai chassis kendaraan penumpang dan komersial sehingga tak banyak produsen kendaraan beroda empat yang menerapkan jenis rangka seakan-akan ini.
Baca juga :
Tubular space frame yakni jenis chassis yang menggunakan bermacam pipa baja untuk dirangkai dan dibuat sedemikian rupa sehingga seakan-akan bentuk kendaraan beroda empat secara lazim sesuai konstruksi yang diinginkan.
Kekuatan chassis jenis tubular space frame ini sangat tergantung dari kualitas dan kualitas sambungan las tiap sendi. Perhatikan contah gambar dibawah yang menampakan chassis jenis tubular space frame.
Tubular space frame yakni chassis terbaik yang kekuatan luluhnya sangat bagus di sokongan kekakuan torsional, ketahanan beban berat, dan beban impact. Oleh karenanya, chassis tubular space frame ini lebih banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil.
Aluminium space frame yakni chassis kendaraan beroda empat yang dibuat seakan-akan chassis monocoque tapi menggunakan bahan aluminium seluruhnya. Ya, jikalau pada chassis monocoque biasa menggunakan lembaran plat baja, Aluminium space frame semuanya menggunakan bahan aluminium.
Audi yakni salah satu produsen kendaraan beroda empat yang memperkenalkan chassis jenis aluminium space frame ini. Selain itu, chassis jenis Aluminium Space Frame ini diklaim 40% lebih ringan dibanding dengan rangka baja monocoque tapi 40% lebih kaku / rigid.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
Selain itu, chassis juga berkhasiat untuk mempertahankan bentuk kendaraan beroda empat mudah-mudahan tetap rigid, kaku, dan tidak mengalami deformasi di ketika digunakan. Oleh karenanya, material yang dipakai harus memiliki kekuatan yang sanggup menahan semua beban kendaraan tersebut.
Umumnya, chassis yang dibuat dari kerangka besi/baja yang didesain khusus sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk beragam aspek seakan-akan keamanan, ketahanan, hingga kemampuannya untuk dipakai di aneka macam kondisi berkendara.
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membuatkan pemberitahuan perihal jenis-jenis chassis kendaraan beroda empat yang lazim dipakai di ketika ini. Simak info jenis-jenis chassis kendaraan beroda empat dibawah ini
Ladder frame
Chassis jenis Ladder frame yakni chassis yang memiliki bentuk seakan-akan tangga dan menjadi dasar kedudukan bagi bodi kendaraan, mesin, transmisi, dan komponen kendaraan beroda empat lainnya. Jadi chassis ladder frame ini dipasang dibagian bawah kendaraan untuk menopang bodi, mesin dan seluruh komponen sebuah mobil.
Chassis ini lazimnya yang dibuat dari baja simetris berbentuk balok yang pada bagian-bagian tertentu diperkuat dengan menambahkan joint dan crossmember. Pada beberapa desain, chassis Ladder frame ini kerap diperkuat dengan besi menyilang diantara framenya untuk mempertahankan kekakuan strukturnya.
Contoh kendaraan beroda empat yang menggunakan chassis ladder frame yakni mayoritas kendaraan beroda empat truk dan pick up seakan-akan Truk canter, Truk isuzu, truk hino, kendaraan beroda empat pick up L300, T120ss, Carry, dan lain-lain. Selain itu, chassis ladder frame juga kerap ditemukan pada mobil-mobil SUV seakan-akan ; Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, Jeep Wrangler, dan lainnya.
Monocoque chassis
Monocoque chassis atau sasis monokok yakni chassis kendaraan beroda empat yang dibuat menyatu sebagai bodi mobil. Dalam bahasa Prancis, monocoque mempunyai arti rangka tunggal. Jadi maksudnya, kepingan terluar bodi kendaraan beroda empat di rancangan sedemikian rupa sehingga sekaligus berfungsi sebagai kerangka kokoh yang melindungi ruang kabin dari benturan.
Umumnya, monocoque chassis ini yang dibuat dari lembaran-lembaran baja composit yang disatukan dan diperkuat dengan beragam cara serta dibuat menjadi sebuah kerangka bodi mobil. Perhatikan contoh gambar chassis monocoque seakan-akan tertera dibawah ini
Contoh kendaraan beroda empat yang menggunakan chassis monocoque ini lazimnya berjenis sedan hingga kendaran mpv seakan-akan contohnya Toyota camry, Honda accord, Mitsubishi lancer, Expander, Avanza-Xenia, Daihatsu sigra, dan lain-lain
Backbone chassis
Backbone chassis yakni chassis kendaraan beroda empat yang berfungsi sebagai tulang rangka utama tunggal (backbone) yang melintang disepanjang kepingan tengah kendaraan beroda empat sehingga kepingan depan dan kepingan belakang kendaraan beroda empat saling terhubung.
Sepintas, backbone chassis ini terlhat seakan-akan chassis ladder frame yang sesuai dibagian tengahnya, kedua rangka yang berhadapan disatukan sehingga menjadi rangka tunggal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh gambar backbone chassis seakan-akan dibawah ini
Oleh alasannya backbone chassis ini memiliki banyak kehabisan seakan-akan contohnya side impact yang buruk serta mahalnya biaya produksi, backbone chassis ini kurang terkenal untuk dibentuk sebagai chassis kendaraan penumpang dan komersial sehingga tak banyak produsen kendaraan beroda empat yang menerapkan jenis rangka seakan-akan ini.
Baca juga :
Tubular space frame
Tubular space frame yakni jenis chassis yang menggunakan bermacam pipa baja untuk dirangkai dan dibuat sedemikian rupa sehingga seakan-akan bentuk kendaraan beroda empat secara lazim sesuai konstruksi yang diinginkan.
Kekuatan chassis jenis tubular space frame ini sangat tergantung dari kualitas dan kualitas sambungan las tiap sendi. Perhatikan contah gambar dibawah yang menampakan chassis jenis tubular space frame.
Tubular space frame yakni chassis terbaik yang kekuatan luluhnya sangat bagus di sokongan kekakuan torsional, ketahanan beban berat, dan beban impact. Oleh karenanya, chassis tubular space frame ini lebih banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil.
Aluminium space frame
Aluminium space frame yakni chassis kendaraan beroda empat yang dibuat seakan-akan chassis monocoque tapi menggunakan bahan aluminium seluruhnya. Ya, jikalau pada chassis monocoque biasa menggunakan lembaran plat baja, Aluminium space frame semuanya menggunakan bahan aluminium.
Audi yakni salah satu produsen kendaraan beroda empat yang memperkenalkan chassis jenis aluminium space frame ini. Selain itu, chassis jenis Aluminium Space Frame ini diklaim 40% lebih ringan dibanding dengan rangka baja monocoque tapi 40% lebih kaku / rigid.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
EmoticonEmoticon