Lem gasket atau dikenali dengan perumpamaan gasket cair, FIPG (Form In Place Gasket), liquid gasket, dan lain-lain, yakni material cair yang akan mengental dan keras setelah dipakai untuk mencegah kebocoran selama jangka waktu tertentu. Biasanya, dipakai pada dua pecahan yang akan akan disatukan dengan tujuan mudah-mudahan tidak terjadi kebocoran dari pecahan tersebut.
Oleh karenanya, lem gasket harus tahan terhadap pergeseran suhu mesin serta tahan terhadap tekanan yang terjadi di dalamnya.
Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah beragam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta kegunaannya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini memiliki keahlian yang berbeda beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu.
Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif mobil seumpama penggunaannya pada dikala perbaikan mesin, maka secara biasa ada 3 jenis lem gasket yang paling sering digunakan. Berikut yakni 3 macam lem gasket yang elok dipakai untuk perbaikan mesin mobil menurut pengalaman yang sudah ombro ketahui, simak infonya dibawah ini...
Lem gasket cair terbaik pertama yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni Lem merah. Merek lem merah ini ada bermacam-macam jumlahnya, tapi yang paling biasa dan yang paling banyak dipakai yakni Threebond High Temp Silicone No.2 Red.
Lem gasket jenis ini dikenali dengan perumpamaan lem merah alasannya pasta / gasket yang dipakai berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak simpel mencair dikala digunakan, selain itu lem ini tidak berbau menyengat seumpama cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan menjelma kenyal.
Lem merah memiliki keahlian untuk dipakai pada komponen yang memiliki temperatur tinggi mencakup untuk mencegah kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak dipakai pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (sistem pendingin) mesin atau yang bermitra dengan air, contohnya:
Meskipun lebih banyak dipakai pada metode pendingin, lem merah ini juga kerap dipakai pada oil pan (carter oli) terutama untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih yang dibuat dari materi cast iron (besi campuran).
Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket model ini kurang cocok untuk dipakai pada komponen-komponen yang yang dibuat dari materi alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) seumpama pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.
Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem abu-abu. Untuk lem abu-abu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan yaitu, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 yakni lem gasket pilihan.
Disebut lem abu-abu alasannya lem gasket ini berwarna abu-abu. Teksturnya tidak kenyal dan cenderung lebih cair jikalau daripada lem merah. Selain itu, lem abu-abu ini memiliki tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem abu-abu ini lebih cocok dipakai pada bagian-bagian mesin yang berbahan alumunium alloy, contohnya:
Pada beberapa penggunaan, lem gasket abu-abu ini juga kerap dipakai untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis seumpama pada casing depan penutup torcon atau pada pecahan belakang casing transmisi.
Berdasarkan pengalaman ombro, lem abu-abu ini kurang cocok dipakai untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi campuran) alasannya lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih simpel mengalami kebocoran jikalau dipakai untuk menyekat oil pan mesin.
Baca juga :
Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem indian. Dikenal dengan lem indian alasannya prioduk yang populer untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan tabrakan pena INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini yakni GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala elang, atau hanya tabrakan pena gasket shellac.
Kegunaan lem gasket shellac ini yakni untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) mudah-mudahan terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.
Gasket shellac ini seringnya dipakai di di saat mesin mengalami kasus kembali dan perlu ditangani pembongkaran ulang. Untuk meminimalkan biaya pembelian gasket perpak yang baru, maka gasket shellac ini kerap dijadikan solusi mudah-mudahan terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.
Meskipun begitu, dikala pemasangan awal cylinder head gasket ini (baik yang model asbes atau model plat seng), kita harus tetap mengacu pada buku panduan service masing-masing kendaraan alasannya banyak pabrikan yang tidak merekomendasikan penggunaan gasket shellac ini dikala pemasangan cylinder head gasket.
Demikianlah artikel tentang 3 macam lem gasket yang elok dipakai untuk perbaikan mesin mobil ini sanggup ombro sampaikan, mudah-mudahan sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
Oleh karenanya, lem gasket harus tahan terhadap pergeseran suhu mesin serta tahan terhadap tekanan yang terjadi di dalamnya.
Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah beragam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta kegunaannya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini memiliki keahlian yang berbeda beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu.
Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif mobil seumpama penggunaannya pada dikala perbaikan mesin, maka secara biasa ada 3 jenis lem gasket yang paling sering digunakan. Berikut yakni 3 macam lem gasket yang elok dipakai untuk perbaikan mesin mobil menurut pengalaman yang sudah ombro ketahui, simak infonya dibawah ini...
1. Lem merah (Threebond High Temp RTV Silicone No.2 Red)
Lem gasket cair terbaik pertama yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni Lem merah. Merek lem merah ini ada bermacam-macam jumlahnya, tapi yang paling biasa dan yang paling banyak dipakai yakni Threebond High Temp Silicone No.2 Red.
Lem gasket jenis ini dikenali dengan perumpamaan lem merah alasannya pasta / gasket yang dipakai berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak simpel mencair dikala digunakan, selain itu lem ini tidak berbau menyengat seumpama cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan menjelma kenyal.
Lem merah memiliki keahlian untuk dipakai pada komponen yang memiliki temperatur tinggi mencakup untuk mencegah kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak dipakai pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (sistem pendingin) mesin atau yang bermitra dengan air, contohnya:
- Digunakan untuk merekatkan selang-selang radiator
- Digunakan untuk merekatkan waterpipe dengan waterpump
- Digunakan untuk merekatkan waterpump ke blok mesin
- Digunakan untuk merekatkan casing penutup thermostat
Meskipun lebih banyak dipakai pada metode pendingin, lem merah ini juga kerap dipakai pada oil pan (carter oli) terutama untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih yang dibuat dari materi cast iron (besi campuran).
Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket model ini kurang cocok untuk dipakai pada komponen-komponen yang yang dibuat dari materi alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) seumpama pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.
2. Lem abu-abu (ThreeBond 1215)
Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem abu-abu. Untuk lem abu-abu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan yaitu, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 yakni lem gasket pilihan.
Disebut lem abu-abu alasannya lem gasket ini berwarna abu-abu. Teksturnya tidak kenyal dan cenderung lebih cair jikalau daripada lem merah. Selain itu, lem abu-abu ini memiliki tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem abu-abu ini lebih cocok dipakai pada bagian-bagian mesin yang berbahan alumunium alloy, contohnya:
- Digunakan untuk merekatkan oil pan ke blok mesin berbahan alumunium alloy
- Digunakan untuk merekatkan casing cover timing chain
- Digunakan untuk merekatkan casing rear engine oil seal
- Digunakan untuk merekatkan casing front engine oil seal
Pada beberapa penggunaan, lem gasket abu-abu ini juga kerap dipakai untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis seumpama pada casing depan penutup torcon atau pada pecahan belakang casing transmisi.
Berdasarkan pengalaman ombro, lem abu-abu ini kurang cocok dipakai untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi campuran) alasannya lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih simpel mengalami kebocoran jikalau dipakai untuk menyekat oil pan mesin.
Baca juga :
3. Lem Indian (Permatex Indian Head Gasket Shellac Compound)
Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem indian. Dikenal dengan lem indian alasannya prioduk yang populer untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan tabrakan pena INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini yakni GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala elang, atau hanya tabrakan pena gasket shellac.
Kegunaan lem gasket shellac ini yakni untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) mudah-mudahan terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.
Gasket shellac ini seringnya dipakai di di saat mesin mengalami kasus kembali dan perlu ditangani pembongkaran ulang. Untuk meminimalkan biaya pembelian gasket perpak yang baru, maka gasket shellac ini kerap dijadikan solusi mudah-mudahan terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.
Meskipun begitu, dikala pemasangan awal cylinder head gasket ini (baik yang model asbes atau model plat seng), kita harus tetap mengacu pada buku panduan service masing-masing kendaraan alasannya banyak pabrikan yang tidak merekomendasikan penggunaan gasket shellac ini dikala pemasangan cylinder head gasket.
Demikianlah artikel tentang 3 macam lem gasket yang elok dipakai untuk perbaikan mesin mobil ini sanggup ombro sampaikan, mudah-mudahan sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
EmoticonEmoticon