Senin, 31 Agustus 2020

Master kopling atas yakni satu bagian yang terdapat pada clutch system (sistem kopling ) mobil. Master kopling atas ini juga dikenal dengan perumpamaan master clutch. Fungsi master kopling atas yakni untuk mengganti tekanan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan hidrolik untuk dialirkan menuju ke master kopling bawah (power clutch).

Jadi, master clutch ini akan mengganti tekanan pedal kopling yang dilakukan oleh kaki pengemudi menjadi tekanan hidrolik yang disalurkan melalui pipa hidrolik dan digunakan untuk mendorong clutch cover sehingga kampas kopling terbebas dari putaran mesin.

Master kopling atas yakni satu bagian yang terdapat pada clutch system  Ciri-Ciri Master Kopling Atas Rusak

Dalam penggunaannya, master kopling atas juga membutuhan perawatan dan pemeriksaan secara berkala, khususnya untuk penggantian minyak kopling. Jika perawatan dan penggantian minyak kopling ini diabaikan maka akan memiliki efek pada kerusakan master kopling atas, dan niscaya saja akan mengganggu kinerja clutch system secara keseluruhan.

Nah pada artikel kali ini, ombro akan memajukan isu seputar permasalahan kendaraan beroda empat perihal ciri-ciri master kopling atas rusak. Simak ciri-ciri master kopling atas rusak dibawah ini...

I. Gejala pada kendaraan beroda empat saat master kopling atas rusak


Secara umum, master kopling atas rusak akan memiliki gejala yang sanggup langsung terasa saat kita mengemudi atau saat kita akan memulai mengemudikan kendaraan beroda empat tersebut. Berikut beberapa gejala pada kendaraan beroda empat saat master kopling atas rusak.

A. Pedal kopling ngempos dan tidak mau balik saat ditekan

Hal pertama yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni pedal kopling ngempos dan tidak mau balik saat ditekan. Anda akan merasakan tidak adanya tekanan dan perlawanan yang biasanya terjadi pada saat menekan pedal kopling.

Bahkan pada tata cara pedal kopling di kendaraan beroda empat tertentu, pedal kopling tidak lagi naik kembali ke atas dan tetap jeblos dibawah sehabis diinjak penuh. Umumnya, kondisi ini terjadi tamat minyak kopling yang habis sehingga tidak ada tekanan balik yang hendak mendorong pedal untuk kembali naik.


B. Susah pindah gigi persneling

Seiring dengan pedal kopling yang ngempos dan tidak mau balik ini, hal berikutnya yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni saat sulit pindah gigi persneling terutama saat kondisi mesin hidup.

Saat master kopling atas rusak, tekanan hidrolik yang dibutuhkan untuk menekan clutch cover semoga kampas kopling terbebas dari putaran mesin telah tidak lagi tersedia. Hal ini mengakibatkan aliran tenaga putar dari mesin ke transmisi menjadi tidak terputus. Kondisi ini niscaya saja akan menciptakan kita sulit memindah gigi persneling.

Baca juga :


II. Ciri-ciri master kopling atas rusak di lihat secara fisik


Master kopling atas yang rusak pasti saja memilki ciri-ciri fisik yang sanggup dilihat baik sebelum dibongkar dan sehabis pembongkaran. Untuk ciri-ciri yang tampak sebelum pembongkaran yakni adanya rembesan minyak kopling yang terlihat di seluruh badan master kopling atas. Dibawah berikut yakni ciri-ciri master kopling atas yang sanggup dilihat secara fisik.

A. Seal master kopling atas rusak dan bocor

Ciri fisik yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni saat seal master kopling ini telah bocor atau jebol. Tanda yang paling simpel terlihat saat seal master kopling atas jebol yakni adanya rembesan minyak kopling di sekeliling tabung master kopling. Selain itu, jumlah minyak kopling pada tabung reservoir akan berkurang atau habis.

Untuk pastikan seal master kopling atas bocor ini pasti saja dibutuhkan pembongkaran master kopling atas. Jika telah di bongkar, biasaya seal master kopling bentuknya telah tidak lagi mengembang, melainkan terlihat mengerucut serta pada cuilan yang bergesekan dengan dinding tabung master kopling akan terlihat aus dan terkikis.

Jika kondisi kerusakan yang terjadi pada master kopling atas ini hanya sebatas pada sealnya saja, maka kita masih sanggup memperbaiki master kopling atas ini dengan mengganti sealnya saja.


B. Dinding dalam tabung master kopling atas rusak

Hal berikutnya yang menerangkan master kopling atas rusak yakni saat dinding dalam tabung telah mengalami goresan,guratan, atau terkikis tamat karat. Penyebab kerusakan yang terjadi pada dinding tabung master kopling ini biasanya terjadi tamat beberapa hal ibarat dibawah berikut:
  • Minyak kopling berlumpur tamat tidak pernah dikuras dan diganti
  • Umur pakai master kopling atas telah terlalu lama sehingga terkikis dan aus.

Ketika dinding dalam tabung master kopling atas telah terkikis dan aus maka hal ini menciptakan penyekatan minyak kopling yang dilakukan oleh seal master kopling menjadi tidak berfaedah meskipun seal dalam kondisi baru.

Jika kondisi dinding dalam tabung master silinder telah rusak ibarat ini, maka solusi yang terbaik yakni dengan mengganti master kopling atas secara komplit.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon