Sensor CKP atau singkatan dari Crankshat Position Sensor yaitu salah satu elemen pada tata cara EFI yang berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran mesin, membaca sudut dan posisi crankshaft, serta memilih waktu injeksi materi bakar dan pengapian.
Sensor CKP memegang kiprah penting bagi kinerja mesin lantaran yaitu ia secara langsung mendeteksi putaran crankshaft guna memilih kapan materi bakar harus di injeksikan dan kapan pengapian harus dinyalakan.
Kerusakan pada sensor CKP, biasanya akan mempunyai pengaruh langsung pada mesin kendaraan beroda empat seumpama mesin susah dihidupkan, mesin sering mati tiba-tiba, lampu MIL menyala, mesin bergetar di di saat idling, dan masih banyak lagi duduk permasalahan mesin lainnya yang akan muncul di di saat sensor CKP ini rusak (baca: 6 Gejala sensor CKP rusak yang akan muncul di mesin )
Dalam memilih apa penyebab duduk permasalahan mesin seumpama referensi diatas memang tidak melulu tamat sensor CKP rusak. Oleh lantaran yaitu itu, diperlukanlah alat scanner untuk memahami apa penyebab utama dari duduk permasalahan mesin tadi.
Secara umum, untuk kendaraan beroda empat dengan tata cara OBDII yang mengalami kerusakan sensor CKP akan menyalakan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) di dashboard. Dan pada scanner tool akan menyediakan DTC (Diagnose Trouble Code) dengan instruksi DTC P0335 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Malfunction".
Selain itu, kerusakan sensor CKP juga kerap menyediakan instruksi DTC P0339 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Intermitten".
Salah satu cara untuk menentukan sensor CKP ini rusak atau tidak yaitu dengan menjalankan test manual sensor CKP dengan multimeter. Namun, oleh lantaran yaitu model dan bentuk CKP ini berbeda-beda pada tiap-tiap mobil, kita harus menentukan cara pengukurannya dengan mengikuti buku petunjuk service sensor CKP pada masing-masing mobil.
Dan pada artikel kali ini, ombro hanya akan menyediakan gunjingan tentang cara test manual sensor CKP avanza tahun 2010 yang pada sensor CKP-nya hanya mempunyai 2 pin kabel pada socketnya. Dibawah berikut yaitu cara test manual sensor CKP Avanza
Siapkan multimeter (sebaiknya gunakan multimeter digital) untuk pengukuran tahanan/ hambatan/ resistansi yaitu set pada ohmmeter. Lakukan "zero calibration" untuk keakuratan nilai pengukuran.
Untuk kendaraan beroda empat avanza 2010 ini, sensor CKP terletak didepan mesin dengan posisi dibawah dekat dengan pulley crankshaft. Sebaiknya dilepas untuk mempermudah pengukuran sekaligus untuk menjalankan pemeriksaan fisik sensor.
Pasanglah kabel merah (positif) multimeter di pin no 1 pada CKP sensor. Pastikan Probe multimeter menyentuh pin dengan baik dan benar biar pengukuran sanggup dijalankan dengan benar.
Baca juga :
Pasanglah kabel hitam (negatif) multimeter di pin no 2 CKP sensor. Pastikan probe menempel dengan benar. Perhatikan referensi pengukuran seumpama pada gambar dibawah berikut.
Sebagai tambahan, untuk langkah no 3 dan 4 diatas, posisi kabel dan pin boleh dipasang secara terbalik hal ini mengingat sensor ckp avanza dengan 2 pin kabel ini yaitu elemen elektronik yang berupa kumparan di dalamnya
Bacalah hasil ukur sensor CKP pada layar pengukuran multimeter, kemudian bandingkan karenanya seumpama pada tabel dibawah berikut
Jika hasil ukur tidak sesuai dengan tabel, hal ini menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada sensor CKP tersebut. Gantilah sensor CKP dengan yang baru.
Demikianlah artikel tentang cara test manual sensor ckp kendaraan beroda empat avanza 2010 dengan multimeter yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
Sensor CKP memegang kiprah penting bagi kinerja mesin lantaran yaitu ia secara langsung mendeteksi putaran crankshaft guna memilih kapan materi bakar harus di injeksikan dan kapan pengapian harus dinyalakan.
Kerusakan pada sensor CKP, biasanya akan mempunyai pengaruh langsung pada mesin kendaraan beroda empat seumpama mesin susah dihidupkan, mesin sering mati tiba-tiba, lampu MIL menyala, mesin bergetar di di saat idling, dan masih banyak lagi duduk permasalahan mesin lainnya yang akan muncul di di saat sensor CKP ini rusak (baca: 6 Gejala sensor CKP rusak yang akan muncul di mesin )
Dalam memilih apa penyebab duduk permasalahan mesin seumpama referensi diatas memang tidak melulu tamat sensor CKP rusak. Oleh lantaran yaitu itu, diperlukanlah alat scanner untuk memahami apa penyebab utama dari duduk permasalahan mesin tadi.
Secara umum, untuk kendaraan beroda empat dengan tata cara OBDII yang mengalami kerusakan sensor CKP akan menyalakan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) di dashboard. Dan pada scanner tool akan menyediakan DTC (Diagnose Trouble Code) dengan instruksi DTC P0335 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Malfunction".
Selain itu, kerusakan sensor CKP juga kerap menyediakan instruksi DTC P0339 bertuliskan "Crankshaft Position Sensor A Circuit Intermitten".
Salah satu cara untuk menentukan sensor CKP ini rusak atau tidak yaitu dengan menjalankan test manual sensor CKP dengan multimeter. Namun, oleh lantaran yaitu model dan bentuk CKP ini berbeda-beda pada tiap-tiap mobil, kita harus menentukan cara pengukurannya dengan mengikuti buku petunjuk service sensor CKP pada masing-masing mobil.
Dan pada artikel kali ini, ombro hanya akan menyediakan gunjingan tentang cara test manual sensor CKP avanza tahun 2010 yang pada sensor CKP-nya hanya mempunyai 2 pin kabel pada socketnya. Dibawah berikut yaitu cara test manual sensor CKP Avanza
1. Siapkan Multimeter
Siapkan multimeter (sebaiknya gunakan multimeter digital) untuk pengukuran tahanan/ hambatan/ resistansi yaitu set pada ohmmeter. Lakukan "zero calibration" untuk keakuratan nilai pengukuran.
2. Siapkan Sensor CKP yang akan diukur.
Untuk kendaraan beroda empat avanza 2010 ini, sensor CKP terletak didepan mesin dengan posisi dibawah dekat dengan pulley crankshaft. Sebaiknya dilepas untuk mempermudah pengukuran sekaligus untuk menjalankan pemeriksaan fisik sensor.
3. Hubungkan pin 1 CKP sensor dengan kabel merah (positif) multimeter
Pasanglah kabel merah (positif) multimeter di pin no 1 pada CKP sensor. Pastikan Probe multimeter menyentuh pin dengan baik dan benar biar pengukuran sanggup dijalankan dengan benar.
Baca juga :
4. Hubungkan pin 2 CKP sensor dengan kabel hitam (negatif) multimeter
Pasanglah kabel hitam (negatif) multimeter di pin no 2 CKP sensor. Pastikan probe menempel dengan benar. Perhatikan referensi pengukuran seumpama pada gambar dibawah berikut.
Sebagai tambahan, untuk langkah no 3 dan 4 diatas, posisi kabel dan pin boleh dipasang secara terbalik hal ini mengingat sensor ckp avanza dengan 2 pin kabel ini yaitu elemen elektronik yang berupa kumparan di dalamnya
5. Baca hasil ukur dan bandingkan dengan tabel berikut
Bacalah hasil ukur sensor CKP pada layar pengukuran multimeter, kemudian bandingkan karenanya seumpama pada tabel dibawah berikut
Hubungan Tester | Kondisi suhu | Kondisi spesifikasi |
---|---|---|
1 - 2 | Dingin (kurang dari 50˚C) | 1630 - 2740 ohm |
Panas (lebih dari 50˚C) | 2065 - 3225 ohm |
Jika hasil ukur tidak sesuai dengan tabel, hal ini menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada sensor CKP tersebut. Gantilah sensor CKP dengan yang baru.
Demikianlah artikel tentang cara test manual sensor ckp kendaraan beroda empat avanza 2010 dengan multimeter yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/ Sumber https://montirnesia.blogspot.com/
EmoticonEmoticon